TANGGUNG JAWAB

Mungkin untuk sebagian orang berada dititik seperti sekarang merupakan suatu kebanggaan yang sangat amat orang inginkan, dimana selama bertahun-tahun kerja keras ini berbuah manis dan bisa diwujudkan dengan segala konsekuensi yang telah dilewati selama ini menjadi perihal yang membanggakan. Untuk kami disini sama seperti orang-orang diluar sana yang beranggapan titik ini merupakan suatu awal yang indah dan suatu hadiah manis yang bisa kami rasakan. Tetapi nyatanya saat ini semuanya seperti lampu yang redup bahkan mati, kami suka, kami senang, kami bangga tapi …. Haruskah setelah hampir 7th kami tidak bersama lagi melewatinya? Haruskah kalian memilih diantara kami yang harus menggemban tugas itu? Haruskah? Dan jawaban yang dapat kami terima sampai detik ini adalah “ya kalian harus, ada masa dimana semuanya harus kalian lakukan masing-masing tanpa adanya embel-embel team ataupun kebersamaan. Saat ini kalian harus melangkah masing-masing, kalian yang kami anggap lebih baik dari yang lain”
            Nyatanya dari semua jawaban yang diutarakan tidak ada satupun kata yang sanggup membangun kekuatan kami masing-masing. Bahkan setelah berminggu-minggu kami teteap tidak bisa berpikir logis dan selalu bertanya “kenapa harus diantara kita? Kenapa tidak semuanya seperti biasa dan seperti yang sudah direncanakan berbulan-bulan yang lalu?”. Kami tidak akan bisa menjawab, kecuali waktu dan kesempatan ini kami ambil. Akan ada masanya kami merasa semua yang kalian berikan kepada kami belum mampu kami jalankan dengan baik, kami hanya ingin terus belajar, belajar dan belajar sampai kami lelah. Dari tanggung jawab ini bukan kami enggan untuk memberikan yang terbaik kepada kalian hanya saja ….. kami merasa belum mampu menjadi sosok seperti kalian yang menjadi panutan kami, kami takut … takut semuanya tidak berjalan dengan semestinya. Kadang kami merasa semuanya tidak adil dengan memberikan semua masalah yang ada dan kami harus tau semuanya tapi …. Kami sadar, kami telah memasuki titik dimana semuanya akan kami emban bersama. Entah satu demi satu atau seluruhnya dari kami yang akan menggembannya.

Kali ini semua cerita ini … tidak akan pernah mendapatkan solusi terbaik dari kami, sampai detik ini saya hanya berusaha untuk menjadikan tanggung jawab ini menjadi hal yang pasti buat kita. Tapi, sampai saat inipun kami hanya bisa berharap semua embel-embel “masing-masing kemampuan” bisa berubah dengan “kemampuan kalian yang kami butuhkan”.


Akan ada masa dimana seseorang pasti mengemban tanggung jawab entah itu hal yang mudah ataupun sulit, yang pasti lakukan yang terbaik dan terus berikan rasa loyal ketanggung jawab tersebut. Jangan pernah memberikan kebahagiaan palsu yang hanya datang sesaat tapi berikan kebahagiaan yang pasti kepada orang-orang yang memang selalu ada dari awal diri anda. Jgn pernah lupakan rumah utama yang kalian miliki, seburuk-buruknya rumah itu, merekalah yang membantu bahkan mengajarkan banyak hal yang tanpa sadar membentuk karakter kalianJ

Komentar