Memanusiakan Manusia



Apa yg salah dengan mengungkapkan semua kegundahan kepada orang yang memang berhak mengetahui? Apa yang salah mengakui kesalahan diri sendiri tanpa mengkambing hitamkan orang lain atas semua hal yang telah terjadi? Apa salahnya? Apa yang salah dari semua itu? Kenapa tetap berusaha menjadi pihak yang paling kokoh disini dan enggan mendenggar ataupun melihat pihak lain disini yang hanya menjadi “babu” haha, itulah dunia, sangat lucu dengan segala kehidupan orang lain juga diri sendiri, serta rotasi yang berputar ada orang baik yg akan tetap menjadi baik, orang jahat yang memiliki topeng menjadi baik ataupun sebaliknya.
            Gak salah memang menyalahkan orang lain tapi ... apakah pada realitanya memang seperti itu adanya? Apakah kenyataan dan bukti yang ada seperti itu? Jika ya tolong beritahukan dimana letak kesalahan yang ada, dan jika memang tidak ada tolong beritahukan kembali apa yang salah dari ini semua. Sistem? Kalian? Kita? Atau semua ini yang ada dimata kalian salahkah? Salah jika kami berbicara dan mengaspirasikan pendapat kami? Salahkah? Haha seperti inilah lucunya dunia dimana pemegang kuasa tertinggi selalu berhak dan merasa otoriter dengan keadaan. Jika memang keadaan memnungkinkan tidak masalah namun ... pada kenyataannya hal ini sangat amat tidak sah dimata kami, bukan merasa ingin lebih menang ataupun tidak tapi semua hal harus seimbang, seimbang secara keadilan dimata kami dan tidak pernah ada kata “berat sebelah” untuk eksekusinya.
            Quote dari seorang petinggi “memanusiakan manusia itu sangat diperlukan” bahkan bukan sekedar perlu tapi memang wajib dilakukan. Kenapa? Simple, kita hidup didunia ini tdk sendiri dan saling membutuhkan orang lain tanpa terkecuali maka dari itu bersikap memanusiakan manusia disini seperti saling menghargai kedua belah pihak ataupun lebih. Bukan hanya mendengarkan pendapat satu sama lain tapi juga berlaku sewajarnya seperti berbicara ataupun yang lainnya secara layak dan menjunjung etika, kehormatan dan sopan santun.
Simple realisasinya cukup mendengarkan pendapat ataupun memecahkan permasalah kelompok secara kelompok juga itu lebih dari cukup dan yang lebih lagi saling menghormati sesama.

Komentar