Olahraga itu … Indah

            Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari olahraga. Baik olahraga secara team maupun individual. Saya salah seorang yang sangat menggilai olahraga, bahkan tanpa perlu mengerti bagaimana peraturan yang berlaku – sampai team atau atlet yang paling difavoritkan. Dari peraturan pertandingan yang diluar kepala saya pahami peraturannya seperti taekwondo, peraturan pertandingan yang sedikit banyak dipahami seperti sepakbola, renang, bulu tangkis, basket, sampai peraturan pertandingan yang sama sekali tidak saya pahami seperti F1, MotoGP, lari, angkat besi hingga volly pantai.
            Hal yang paling saya gilai dari seluruh pertandingan olahraga dimanapun itu adalah “Fair Play” sakral, tapi mematikan. 2 (dua) kata yang  paling banyak memberi pelajaran terhadap saya sendiri, tanpa saya sadari. Seringkali kita sebagai “penonton” hanya ingin team/atlet yang kita dukung menang dalam sebuah pertandingan, tanpa tau bagaimana mereka bermain. Walaupun dalam eksekusinya dia bermain kasar, tidak sportif, bahkan jelek sekalipun dalam segi teknik, yang terpenting hanya menang titik!
Salah satu kesalahan menurut saya sebagai seorang “penonton” lakukan, setelahnya jika team/atlet favorit kita kalah kadang kita hanya bisa mencemooh, mencari kambing hitam atas kegagalan tersebut, tanpa kalian tau seberapa panjang proses yang mereka lakukan untuk dapat berdiri sejauh sekarang. Walaupun kita hanya mengharapkan sebuah kemenangan yang nantinya berdampak baik bagi team/atlet tersebut – tapi alagkah lebih baiknya apabila kita tetap mendukung bagaimanapun itu.
            Saya sendiri pernah mengalami suatu pertandingan dalam beberapa cabang olahraga dan saya pribadi adalah tipikal pemain yang akan sangat kecewa apabila saya tidak dapat memaksimalkan kemampuan dalam sebuah pertandingan. Walaupun, saya mungkin masih beruntung dalam pembagian bagan dan masih dapat memenangkan sebuah pertandingan tersebut. Ada namanya beban emosional yang dirasakan karna merasa apa yang telah kita latih selama berbulan-bulan tidak ada artinya, walaupun dimata orang lain kita menunjukkan kemampuan dan berhasil membawa kemenangan. Prinsipnya bekerja maksimal dan soal hasil adalah bonus, seberapa kamu bermain secara maksimal kamu tidak akan pernah terlalu kecewa jika kekalahan itu hadir.
            Selain fair play yang saya gilai adalah menerima keadaan dan ikhlas. Kenapa itu? Karna, dalam setiap pertandingan akan selalu ada yang menang dan kalah. Hal yang paling indah dalam olahraga dan selalu membuat saya terharu sampai detik ini selain dikibarkannya sang saka merah putih, untuk melambangkan penghargaan tertinggi bagi tiap atlet Indonesia adalah …… team/atlet yang kalah akan memberi selamat kepada yang menang dan sebaliknya team/atlet yang menang akan memberi semangat kepada yang kalah. Bukankah olahraga seindah dan sesederhana itu, untuk dinikmati dan dicintai.

Bukan seberapa superior team/atlet dalam setiap pertandingannya, melainkan seberapa besar etika yang dapat kita pelajari dari setiap pertandingannya.

Komentar